Media dan Teknologi

PENGARUH TEKNOLOGI PADA DUNIA PENDIDIKAN
Tak bisa dipungkiri, peranan teknologi sangat penting didalam masyarakat. Hal ini berpengaruh postif pada masyarakat, namun sebagian masyarakat ada yang menyalah gunakan teknologi tersebut sehingga dapat berpengaruh negatif. Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi sangat membantu dalam segala hal terutama dalam dunia pendidikan. Contohnya pada lembaga pendidikan, tidak hanya pada siswa, tetapi pada semua pihak seperti kepala sekolah dan guru.
Teknonogi pendidikan membantu memecahkan permasalahan pendidikan, sehingga mampu memberikan manfaat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Jika teknologi dimanfaatkan dengan benar, tentu banyak manfaat yang didapatkan. Selain dapat membantu sebagai media pembelajaran didalam kelas, teknologi dapat membantu siswa dalam menggali potensi yang ada pada dirinya, dan masih banyak lagi manfaat postif bagi dunia pendidikan. Namun jika dimanfaatkan kurang tepat, teknologi tersebut akan mendatangkan dampak negatif.
Media Pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk memperagakan fakta,  konsep,  prinsip  atau  prosedur  tertentu  agar  tampak  lebih  nyata/konkrit. Dengan demikian siswa akan lebih mudah menyerap dan memahami maksud dari materi yang diajarkan. Selain itu dengan adanya media pembelajaran, kegiatan pembelajaran dikelas akan menjadi lebih menyenangkan dan menarik siswa sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Jika teknologi pendidikan dimanfaatkan media secara baik dan tepat oleh seorang guru, maka hal ini dapat membantu guru mengefisiensi waktu dalam menyampaikan pembelajaran. Sehingga guru memiliki waktu cukup untuk digunakan memberi perhatian dan membantu kesuliatan siswa dalam belajar. Hal inilah yang membantu meningkatkan kualitas pendidikan, selain semua materi tersampaikan dan mudah dipahami siswa, guru dapat memanfaatkan sisa waktu untuk  membimbing siswa yang belum paham pada materi yang diajarkan. Sehingga dapat meminimalisir siswa yang tertinggal. Dengan demikian teknologi pendidikan berperan penting dalam dunia pendidikan.
Daftar pustaka :
1.      Sujoko. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan : Volume 1, Nomor 1 Januari 2013, 71-77. ISSN : 2337-7623: EISSN: 2337-7615. Madiun.

2.      Novi Kurnia. 2005. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi : Volume 06.

0 komentar:

Posting Komentar